Panduan Sukses Pesantrenbisnis.com Istana Mulia

panduan sukse

BUKU PEDOMAN DAN PANDUAN SUKSES PESANTRENBISNIS.COM ISTANA MULIA

Apa Manfaat Membaca Pedoman dan Panduan Sukses ini ?

  • Agar Anda Mengetahui Sejarah, Falsafah dasar, Visi, Misi, Tujuan, Kebijakan Strategis, Program, Kegiatan dan fungsi-fungsi PesantrenBisnis.com Secara utuh dan mampu mengoptimalkan dengan tepat sesuai
  • Menghindari resiko kecelakaan dalam Pendidikan. sekolah dan pesantren adalah sarana mulia menuju keselamatan, kesuksesan, kemulian dan surga, bukan malah sebaliknya. Dengan rendahnya daya baca dan pemahaman tentang pendidikan, saat ini sudah terjadi banyak kecelakaan besar, karena sekolah dan pesantren sudah banyak yang menjadi pabrik kesesatan dan kejahatan, baik kesesatan dalam idiologi, pemikiran, gerakan, moralitas, hukum, ekonomi, politik, sosial, budaya, hankam, dll. Naudzubillah.
  • Untuk mengatasi suatu masalah tanpa masalah baru. Dalam dunia pendidikan pasti ada masalah dan kekurangan dalam proses dan prakteknya, maka USER GUIDE ini menjadi Trouble Shootinguntuk mengatasi masalah tanpa panik, atau menimbulkan masalah yang lain.

sejarah-logo

Sejarah Berdirinya

PesantrenBinis.Com (Entrepreneur Academy)

PesantrenBisnis.com secara online didirikan oleh Ayi Muzayini E.Kosasih pada tahun 2009. Tujuan awal didirikannya pesantrenBisnis.com adalah dalam rangka mempermudah interkasi, silaturahmi dan diskusi pembaca dengan pendiri PesantrenBisnis.com Istana Mulia Groups secara online.Namun pendiri pesantrenBisnis.com menetapkan bahwa tujuan utama dari pesantrenBinis.com ini adalah agar pesantren ini menjadi sarana ibadah, dakwah, silaturahmi, diskusi, berbagi ilmu dan pengalaman dalam membentuk insan mulia yang bertauhid, berakhlak, pandai berbisnis, kaya dan dermawan.

Walau portal pesantrenBisnis.com ini berbasis blog, namun mendapat banyak respon pengunjung dari berbagai negara maju di Dunia. Jumlah pengunjung sampai dengan 09 oktober 2015 sebanyak 528.076, dengan pengunjung terbanyak asal Indonesia 277.906 dan Israel mendapat urutan ke 6 dengan jumlah pengunjung 8.657. Berikut data lengkapnya : Indonesia 277906 Amerika Serikat 50891 Rusia 22599 Ukraina 15953 India 13238 Israel8657 China 8086 Jerman 5221 Inggris 4650 Prancis 4013, dll.

Secara ofline, Sejarah PesantrenBinis.Com ini diawali dengan kerjasama Istana Yatim Indonesia dengan Yayasan Darul Anwar Banten, pada tahun 2011. Tujuan kerjasama tersebut adalah untuk membantu dan memfasilitasi siswa Darul Anwar yang yatim dan duafha agar dapat bersekolah. Kesepakatan tersebut langsung dikomdani oleh Pendiri dan CEO Istana Mulia Groups Ust Ayi Muzayini, dan Yayasan darul Anwar Banten diwakili oleh Ketua Yayasan Darul Anwar Banten yang merangkap Kepala Sekolah Darul Anwar Ust. Dedi Suhandi.

Selanjutnya Istana Mulia Groups memulai dengan pembelian tanah pertama seluas 2.750 M2 dan membangun 2 kelas dan 2 kantor serta 1 Masjid yang menjadi wakaf hak guna pakai Madrasah Darul Anwar dan Istana Yatim Indonesia. (ikrar wakaf terlampir).

Dalam rangka ikut mewujudkan Pendidikan berstandar internasional yang Unggul dan Terpercaya dalam dan luar negeri, maka Istana Mulia Groups mulai mengembangkan dan Membangun Komplek Taman Wisata Pendidikan secara serius, yang dimulai 9 maret 2012 diatas tanah seluas 4.000 M2. Selanjutnya didirikanlah PesantrenBinis.Com (Entrepreneur Academy) Taman Wisata Pendidikan (TWP) tingkat SMP Informasi Teknologi Istana Mulia dengan jumlah murid angkatan pertama 18 siswa dari bebrapa provinsi di Indonesia, yaitu Banten, Jawa Barat, Jakarta, Bengkulu, dan Menado.

Melihat perkembangan yang begitu cepat dan kebutuhan sarana prasarana yang lebih banyak, maka Istana Mulia Groups terus berupaya mengoptimalkan daya upaya dalam pemenuhannya, sehingga pada tahun 2015, sehingga pendiri dan CEO Istana Mulia groups dan Tim harus mengalihkan berbagai aset dan kekuatan financial dari berbagai sumber untuk pengembangan Taman Wisata Pendidikan (TWP) SMP Informasi Teknologi Istana Mulia Anyer Carita. Atas izin Allah dan do’a semua pihak, pada bulan Oktober 2015 total tanah yang telah dibebaskan Istana Mulia Groups seluas 34.000M2 (3.4H) dengan total luas bangunan, Jalan dan Taman sebanyak 10.300M2 (1,3 Hektar).

Atas upaya tim cyber dan google marketing santri, setiap tahun santri terus bertambah dengan sangat cepat, pada tahun 2014 Jumlah santri angkatan ke 2 berjumlah 78 orang dan pada tahun ajaran 2015– 2016 angkatan ketiga yang lulus tes dan diterima di Istana Mulia berjumlah 115 orang dari jumlah yang mendaftar online 423 oarang. Asal sekolah santri ini berasal dari berbagai wilayah Indonesia. Walau provisni Banten, Jawa Barat, dan DKI Jakarta masih menjadi mayoritas asal santri, namun santri ada juga yang berasal dari Papua, palembang, Lampung, gorontalo, banjarmasin, kalimantan, Bengkulu, Padang, Medan, Menado, dll Total santri yang lulus tes dan diteriman di Istana Mulia pada bulan Oktober 2015 adalah sebanyak 192 santri.

Pada tahun ajaran 2016 – 2017 dibuka pendaftaran untuk tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Informasi Teknologi jurusan Multimedia, dengan fokus materi lokal yaitu pelajaran Animasi, Company Branded, Bisnis Online dan Sosmed Promotin

paradigma

Apa Definisi dan Paradigma Istana Mulia ?

  • Pesantren Bisnis (Entrepreneurs Academy) Istana Mulia adalah sekolah dan pesantren yang Menggunakan Kurikulum Pendidikan yang mengarah pada metode pembelajaran unggulan bertaraf internasional, infrastruktur pendidikan canggih, serta atmosfer belajar nyaman dan Islami ditengah keharmonisan multi budaya siswanya yang datang dari berbagai daerah Indonesia.
  • PesantrenBisnis.com adalah Sekolah Bisnis (school of business) swasta mandiri yang sudah mendapat izin operasional resmi dari Departemen Agama RI, Kementrian Pendidikan RI dan Dinas Sosial RI.
  • PesantrenBisnis.com memiliki Kurikulum yang integral dan utuh dengan Pedoman, Panduan, Program, dan Kegiatan pendidikan yang berbasis Kepada 4 Sifat / Karakter Unggulan Rasulullah yaitu Sidiq, Amanah, Fathonah dan Tablig
  • PesantrenBisnis.com adalah lembaga pendidikan yang berupaya mengimplementasikan Al-Qur’an, amanah Undang-undang dasar RI, tentang System Pendidikan Indonesia yang Unggul berbasis Karakter Mulia.
  • PesantrenBisnis.com meyakini bahwa semua anak adalah bintang dan berhak untuk sukses dengan potensi istimewa mereka yang berbeda-beda, maka PesantrenBisnis.com memberi kebebasan santri untuk bebas berekspresi, berimajinasi, berinovasi, bereksplorasi, bereksperimen dan berekspresi tanpa dibatasi sekat-sekat dinding kelas yang mengekang rasa ingin tahu mereka, mereka akan dibiarkan akrab dengan alam lingkungan mereka.
  • PesantrenBisnis.com mendampingi santri untuk menjadi diri mereka, dan mengembangkan potensi diri untuk tumbuh menjadi manusia yang berkarakter, berakhlak mulia, berwawasan ilmu pengetahuan dan siap menjadi pemimpin dan pebisnis di muka bumi (khalifatu fil ardh).
  • PesantrenBisnis.com membebaskan santri dari tekanan ‘mengejar’ nilai dan rangking, tapi mendorong santri untuk menumbuhkan tradisi ilmiah. Prestasi tidak dilihat dalam perbandingan dengan anak lain, tapi dari upaya mereka mengikuti proses belajar dengan baik. Belajar menjadi sesuatu yang menyenangkan. Belajar jadi kebutuhan dan dirindukan. Sekolah tidak dijadikan penjara yang seakan mulia tapi prakteknya sangat membosankan dan dibenci anak.
  • Istana Mulia   insya Allah akan mewujudkan impian yang menjadi kenyataan bagi Anda yang mendambakan perubahan dalam dunia pendidikan. Bukan sekedar perubahan sistem, metode dan target pembelajaran, melainkan perubahan paradigma pendidikan secara total yang pada akhirnya mengarah pada perbaikan mutu dan hasil dari proses pendidikan itu sendiri sesuai dengan Pedoman, Panduan, Program dan Juknis yang diajarkan Allah dan RosulNya serta yang diharapkan ummat, dan pemerintah Republik Indonesia serta dunia internasional

Apa Filosofi Lambang dan Nama Istana Mulia ?

Makna Lambang Istana Mulia

cropped-favicon.png

Unsur Lambang :

  1. Lambang Bulan sabit : Kejayaan Islam, Keindahan, Kebahagiaan, dan Pencerahan
  1. Huruf I = Istana yang bermakna :

Istana yang menjadi Pusat Kepemimpinan, Pusat Kebijakan, Pusat Perubahan, Pusat Kekuatan, Pusat Pelayanan, Pusat Pemberdayaan, Pusat Pembelaan, Pusat Pendidikan, Pusat Keunggulan, Pusat Kejayaan dan Pusat Peradaban

  1. Huruf M = Mulia yang bermakna :

Mulia karena Bertauhid dan Bertaqwa,

Mulia karena selalu Bekekerja Keras, Ikhlas, dan Tuntas,

Mulia karena hidup penuh Kebaikan, Ketaqwaan, Keluhuran Akhlak dan Kedermawanan

  1. Kombinasi huruf I dan M bermakna :

Penuh Keserasian, Keharmonisan, Persaudaraan Islam, Kesatuan dan kemanfataan untuk Ummat dan Bangsa

  1. Warna Putih bermakna :

Keikhlasan, Ketulusan, Kejujuran, Kebersihan, dan Kesucian

  1. Warna Hijau bermakna : Keislaman, Kenyamanan, Kesejukan, Kemakmuran dan Ketentraman
  1. Warna Biru bermakna : Ketinggian cita-cita, Semangat menggelora, Kesuksesan, Keyakinan dan Ketegasan

Makna Keseluruhan Lambang Istana Mulia :

Istana Mulia bercita cita ingin menjadi Pusat Kepemimpinan, Pusat Kebijakan, Pusat Perubahan, Pusat Kekuatan, Pusat Pelayanan, Pusat Pemberdayaan, Pusat Pembelaan, Pusat Pendidikan, Pusat Keunggulan, Pusat Kejayaan dan Pusat Peradaban.

Istana Mulia Menegakkan dan terus memperjuangkan nilai-nilai kemuliaan dan kebajikan dengan berlandaskan pada ketauhidan dan ketaqwaan menuju masyarakat berperadaban dalam bingkai persaudaraan Islam dan persatuan nasional yang penuh dengan kesuksesan, kemakmuran,  ketentraman, kemuliaan, kejayaan,  dan ketinggian cita-cita, serta dalam kendali pusat kepemimpinan mulia yang amanah, adil, berwibawa,  dan bermartabat”

Apa Landasan PesantrenBisnis.com ?  

  • “Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri BERIMAN dan BERTAQWA, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka BERKAH dari langit dan bumi.” (QS. 7:96)
  • “Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah adalah orang yang paling bertaqwa diantara kamu.”(QS. 49:13).
  • “Niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat.” (QS 58:11).
  • “Dan ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat, sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang KHALIFAH di muka bumi.” (Q.S 2:30).
  • “Barang siapa yang beramal sholeh baik laki-laki maupun perempuan sedang dia seorang mu‘mim maka sesungguhnya Kami akan berikan kepadanya kehidupan yang baik. Dan Kami memberikan balasan amalnya dengan yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan”. (An Nahl: 97)

Asas dan Tafsir PesantrenBisnis.com Istana Mulia

  1. Keislaman
  2. Kebangsaan
  3. Keridhoan
  4. Kemudahan
  5. Kenyamanan
  6. Kemanfaatan
  7. Kemajuan
  8. Kebersamaan
  9. Keseimbangan dan
  10. Keuntungan Dunia Akhirat

Tafsir Asas Istana Mulia :

  1. Keislaman

Bagi kami Islam merupakan pilar kebangkitan.  Dengannya kemenangan dapat diraih.  Keislaman menjadi pondasi utama di dalam proses pengajaran dan pendidikan di Istana Mulia.  Penyebab kebodohan ummat Islam sehingga menjadi jumud,  taklid, dan terbelakang karena selama ini mereka jauh dan menjauhi Dinul Islam yang murni. Dalam pergerakan membangun peradaban ini  Istana Mulia berupaya menghidupkan kembali ruh Keislaman,  membangkitkan nilai-nilai Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan Al-Hadits,  serta terus mensyiarkan penyebaran ajaran Keislaman kepada masyarakat secara berkesinambungan.

  1. Kebangsaan

Jiwa patriotisme dan nasionalisme (kebangsaan) sangat tertanam kuat dalam diri kami. Pembelaan terhadap NKRI adalah bagian dari perjuangan kami. Istana Mulia melangkah dengan keyakinan,  azam,  dan tekad yang kuat untuk berpartisipasi dan berkontribusi kongkret di bidang pendidikan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.  Gerakan kami berorientasi pada perbaikan (ishlah), dimulai dari perbaikan individu, keluarga,  masyarakat,  hingga lebih jauh yang berkaitan dengan perbaikan masalah-masalah kebangsaan.  Ini sebagai wujud cinta kami kepada tanah air,  bangsa  dan Negara, dengan melahirkan calon-calon pemimpin bangsa yang akan memperjuangkan,  mempertahankan,  dan membela NKRI dalam rangka meninggikan kalimat Allah,  memenangkan syariat-Nya,  dan menegakkan daulah-Nya.

  1. Keridhoan

Keridhoaan Allah (hablumminallah) dan keridhoan manusia (habluminannas) adalah dua hal yang penting.  Ridho Allah SWT adalah syarat utama meraih kesuksesan, kemenangan,  kejayaan,  dan kebahagiaan.  Hanya mereka yang beriman dan bertaqwalah yang memperoleh pertolongan Allah.  Oleh karena itu dalam menjemput ridho dan pertolongan Allah SWT, Istana Mulia sangat menjunjung tinggi ketaatan,  ketundukan,  dan komitmen kepada aturan-aturan Allah (syariat-Nya) dalam seluruh aspek kehidupan baik visi, misi, program,  tujuan, capaian, dan kegiatanya.  Ini sebagai bentuk konsekuensi keimanan seorang muslim.  Disamping itu, menjaga keridhoan antar sesama (hablumminannaas) juga menjadi interaksi yang penting dan saling mendukung satu sama lain.

  1. Kemudahan

Istana Mulia memberikan kemudahan dan menghilangkan kesulitan dalam memberikan layanan terbaik kepada siapapun. Karena kemudahan melahirkan percepatan dan kesulitan melahirkan kesusahan. Ini juga yang diajarkan Nabi kepada ummatnya,  dimana kita lihat betapa syariat Islam dipenuhi dengan kemudahan dalam menjalankannya.  Terlebih, perkembangan teknologi informasi dewasa ini semakin mempermudah manusia menyelesaikan berbagai urusannya.  Asas kemudahan akan menciptakan percepatan, penghematan,  dan saling percaya dalam mewujudkan cita-cita peradaban Mulia.

  1. Kenyamanan

Istana Mulia senantiasa menghadirkan nuansa kenyamanan dalam semua aspek.  Secara pelayanan memberikan kenyamanan dan kemudahan urusan saat berinteraksi dengan personil Istana Mulia.  Secara fisik menciptakan lingkungan yang nyaman, asri dan menyenangkan bagi siapapun yang berada di dalamnya.  Dan,  secara ma’nawi menghadirkan kenyamanan hati bagi siapapun orangtua yang menitipkan anak-anaknya.  Hal ini karena adanya jaminan dan perlindungan terjaganya anak-anak dari aqidah yang menyimpang,  akhlak yang buruk,  pemikiran yang sesat,  atau lingkungan yang kotor.

  1. Kemanfaatan

Kami meyakini bahwa sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi kepentingan manusia.  Keberadaan Istana Mulia ditengah-tengah masyarakat sudah barang tentu bermaksud untuk memberikan manfaat seluas-luasnya bagi banyak orang.  Dalam konteks akses pendidikan misalnya,  kami tidak hanya melayani dan menerima anak-anak yang berasal dari keluarga yang mampu.  Istana Mulia memberikan kemanfaatan bagi anak-anak yatim dan dhuafa berprestasi dengan fasilitas beasiswanya.  Dalam konteks nilai kemanfaatan yang lebih besar,  Istana Mulia bertekad menyiapkan para santri untuk menjadi pemimpin bangsa dan pengusaha nasional yang kelak akan memberikan efek manfaat bagi jutaan rakyat Indonesia.

  1. Kemajuan

Kemajuan bagi kami berarti terus tumbuh dan berkembang untuk menjadi lebih baik dan lebih berkualitas.  Pertumbuhan yang bersifat vertikal dan perkembangan yang bersifat horizontal. Istana Mulia tidak boleh mandeg,  tumpul,  mandul, atau melahirkan stagnan,  sehingga kehilangan inovasi dan kreatifitasnya yang orisinal.  Maka asas kemajuan menjadi spirit bagi seluruh personil Istana Mulia,  kemajuan  dengan tetap mengacu kepada kaidah yang bersumber dari nilai-nilai Islam. Dalam konteks pemberdayaan SDM misalnya,  Istana Mulia konsern kepada pengembangan potensi SDM pendidik,  karyawan,  dan santri agar mampu melakukan akselerasi mobilitas vertikal dan perluasan mobilitas horizontal.

  1. Kebersamaan

Kebersamaan atau keberjamaahan adalah sunnatulah.  Pergerakan Istana Mulia senantiasa diusung dalam koridor kerja-kerja tim.  Asas kebersamaan mendorong seluruh SDM Istana Mulia bersinergi dan bergerak dalam irama yang harmoni untuk mencapai tujuan dan cita-cita yang sama.  Didalam kebersamaan ada nilai-nilai kesepahaman dan kesamaan gerak langkah.  Kebersamaan dalam hal ini juga dimaksud dalam konteks tanggungjawab pendidikan santri bagi semua stakeholder terkait.  Pengelola pendidikan dan Walisantri wajib berada dalam alunan kebersamaan  sehingga saling percaya dan bertanggungjawab dalam keberhasilan proses pendidikan.

  1. Keseimbangan

Pertumbuhan dan perkembangan dalam berbagai dimensinya mesti dilalui secara bertahap, proporsional,  dan seimbang,  sesuai dengan sunnatullah yang berlaku di jagad raya ini.  Seluruh sistem Islam berdiri di atas prinsip kesimbangan (tawazunitas).  Keseimbangan merupakan tata alamiah yang tidak akan mengalami perubahan.  Manusia secara fitrah tercipta memenuhi kaidah keseimbangan.  Maka,  proses pendidikan dalam membentuk insan mulia yang unggul yang tidak berdasarkan prinsip keseimbangan pasti akan mengalami kegagalan.  Oleh karena itu,  prinsip keseimbangan harus melekat dalam seluruh kiprah Istana Mulia,  baik dalam konteks pembinaan SDMnya, programnya,  manajemen,  dan lain sebagainya.

  1. Keuntungan Dunia Akhirat

Pencapaian tujuan duniawi dan ukhrawi adalah dua dimensi penting yang sama-sama diperjuangkan Istana Mulia.   Keuntungan duniawi berupa kemuliaan dan keberkahan perjalanan hidup dan keuntungan ukhrawi berupa keselamatan akhirat dengan dimasukannya kita semua ke dalam surga Allah SWT. Oleh karena itu,  Istana Mulia dalam pergerakannya membuang jauh-jauh orientasi pada keuntungan materi semata.  Apa yang kami lakukan insya Allah mempertimbangkan juga dimensi ukhrawi yang menyertainya.  Dengan demikian ini senantiasa mengingatkan kami untuk berusaha selalu berada dalam track yang benar dan dan meraih ridho Allah SWT.

9

Visi dan Misi PesantrenBisnis.com Istana Mulia

Visi

Menjadi Sekolah Bisnis (Entrepreneur Academy) dan Sekolah Kepemimpinan (School of leadership) Terunggul dan Terpercaya Dalam dan Luar Negeri

Misi :

  • Menjadi pusat Pelayanan, Pemberdayaan, Pembelaan, Pembelajaran yang mencerahkan, mencerdaskan, menyenangkan dan mempersatukan segenap komponen Ummat, Bangsa dan Negara
  • Menjadi Kontributor Pendidikan Bisnis dan Kepemimpinan Mulia
  • Menjadi Pabrik Inspirasi, Kreasi, Inovasi dan Aksi Mulia, Bagi Indonesia dan Dunia
  • Menjadi Pelopor dalam Mendidik Insan Mulia Yang Bertauhid, Berilmu, Berakhlak, Berketerampilan, Berbisnis, Kaya dan Dermawan

Apa Peran PesantrenBisnis.com Istana Mulia ?

  • Pusat Keunggulan (Center Of Excellence).
  • Sumber Daya Manusia (Human Resource).
  • Agen Pembangunan (Agent Of Development).
  • Perubahan Sosial (Social Change).

Motto :

Bertauhid, Berilmu, Berakhlak, Berbisnis, Kaya dan Dermawan

Maksud

  • Sebagai wujud partisipasi aktif dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum.
  • Sebagai bentuk perhatian dan kepedulian terhadap kualitas dan kemajuan penyelenggaraan pendidikan nasional.
  • Sebagai sumbangsih pemikiran, khususnya untuk para pengambil kebijakan di bidang pendidikan dan kepada seluruh lapisan masyarakat yang peduli terhadap keberhasilan pendidikan berkarakter mulia.
  • Sebagai perwujudan dari upaya membangun Pendidikan berstandar internasional yang Unggul dan Terpercaya dalam dan luar negeri

Tujuan Umum dan Tujuan Khusus

Tujuan Umum : 

  1. Terbentuknya Insan Mulia Sejahtera yang memiliki sifat SIDIQ : Religious (mutadayyin), Jujur, Berani, Bersih dan Empatik.
  2. Terbentuknya Insan Mulia Sejahtera yang memiliki sifat AMANAH : Takut dan Mencintai Allah, Taat dan mencinta Rasulullah, peduli, melayani dan membela Sesamanya dalam KEBAIKAN dan TAQWA.
  3. Terbentuknya Insan Mulia Sejahtera yang Memiliki sifat FATHONAH : berkemampuan Leadership (Kepemimpinan), Entrepreneurship (Wirausaha/Bisnis), Managerial (Manager) dan Administratif (Administrator).
  4. Terbentuknya Insan Mulia Sejahtera yang Memiliki sifat TABLIGH: menjadi Orator, Narator, Negoisator, Mediator, dan Motivator yang handal

Tujuan Khusus

  1. Agar Santri Memiliki landasan keilmuan, keimanan, kerpribadian mulia, keterampilan, berjiwa pengusaha dan dermawan
  2. Agar menjadi santri yang Inspiratif, Kreatif, Inovatif, heroik, cerdas, bijaksana, visioner, berfikir jernih, optimistis dan berjiwa seni.
  3. Menumbuhkan dan mengembangkan jiwa kepemimpinan (leadership) dan wirausaha (entrepreneurship).
  4. Mencetak calon pemimpin muda dan pebisnis yang berjiwa dan berkarakter pengusaha kaya dan dermawan.

Target Umum Lulusan

  1. Aqidah yang Lurus dan Suci
    2.   Ibadah yang Benar dan Khusyu
    3.   Moralitas yang Terpuji
    4.   Jasad yang Kuat
    5.   Skill yang Cukup
    6.   Serius dalam Segala Urusan
    7.   Menjaga dan Sangat Menghargai Waktu
    8.   Bermanfaat untuk Orang Lain
    9.   Berwawasan Luas
    10. Rapih dan Teratur dalam setiap urusannya

Target Khusus Lulusan

  1. Hafalan Al-Qur’an minimal 1 Juz plus QS Surat Yasin dan QS Al-Kahfi
  2. Hafal 5 sd 30 Juz bagi Kelompok Penghafal Al-Qur’an Khusus (KOPASUS)
  3. Memenuhi syarat diterima di Sekolah /Pesantren Unggulan
  4. Dapat berkomunikasi dengan 1 bahasa Internasional (khususnya Bahasa.Arab /Inggris).
  5. Mahir Mengoperasikan Program Microsoft Office
  6. Punya keahlian dasar dalam Multimedia dan Agribisnis
  7. Punya Keahlian dasar dalam Bisnis Online dan Sosmed Promotion
  8. Memiliki dan dapat mengoperasikan Googel Marketing (SEO) Toko Online, sesuai dengan jenis Usaha yang diminatinya.

Strategi Umum :

  • Menciptakan Tata Kelola Manajemen Pendidikan yang Kokoh dan Baik, dengan memperhatikan ketepatan dan kesesuaian denganTata Perencanaan, Tata Organisasi, Tata Laksana, dan Tata Evaluasi,
  • Menjadikan Sekolah Sebagai Sarana Mulia dan Bahagia, Bukan Sumber Stress
  • Menerapkan Sistim Pendidikan yang Bersumber Nilai-Nilai Qur’ani Dan 4 Sifat Rasulullah.
  • Menguatkan Idiologi dan Dokrin menjadi pengusaha dan penguasa Sholeh sebagai penebar Rahmatan Lil ‘Alamiin
  • Mengoptimalkan Pemanfaatan Sarana Informasi Teknologi (IT) Terkini dengan sebaik baiknya diperuntukan untuk Ibadah dan Dakwah.
  • Menciptakan Suasana Dan Lingkungan Belajar Yang Islami, Asri, Alami Indah, Aman dan Nyaman
  • Mengembalikan Konsep Pendidikan Fitrah Dengan Merawat Dan Memanfaatkan Alam Semesta
  • Membudayakan 7 S (senyum, salam, sapa, sopan, santun, dan sedekah)

Strategi Khusus

  1. Memiliki Buku Pedoman dan Panduan Sukses Istana Mulia
  2. Menyesuaikan dengan Kurikulum Depag (PesantrenBisnis.com) dan Kurikulum Mendikbud (SMP IT dan SMK IT)
  1. Merujuk Kurikulum Pesantren Unggulan Nasional dan Internasional
  2. Menyiapkan Destinasi Taman Wisata Pendidikan yang nyaman, Aman, Indah dan berkualitas dengan sarana EduTimeZone yang lengkap
  3. Penyempurnaan dan Aktivasi Sarana Organisasi Siswa
  4. Aktive mengikuti Lomba Skala Nasional dan Internasional
  5. Melakukan Kegiatan Kemasyarakatan yang bernilai edukasi, peduli dan promosi
  6. Membuat Program Pembinaan Kelompok Penghafal Al-Qur’an Khusus (KoPaSuS) a. Menghafal Alqur’an, b. Cyber, Saint / Robotic, c. Public Speaking, d. Jurnalistik, e. Art Club, f. Sport Club, dll

Nilai-nilai yang akan dibangun di Istana Mulia :

  • INNOVATIVE :

Inovasi Tanpa Henti Menjamin Pertumbuhan Lembaga.

  • QUALITY FIRST:

Mutu Selalu Yang Utama Bagi Kami.

  • COMMITMENT:

Tekad Kami Telah Bulat Untuk Menjadi Lembaga Unggulan Nasional.

  • FINANCIALLY SOUND

Kondisi Keuangan Yang Sehat

  • SERVICE EXCELLENCE :

Layanan Yang Prima Adalah Kekuatan Kami.

  • FLAT AND FUNCTIONAL ORGANIZATION :

Organisasi yang Ramping dan Fungsional Menjamin Pengambilan Keputusan

Yang Efektif.

  • SENSITIVE AND RESPONSIVE :

Peka Dan Tanggap Terhadap Masyarakat Dan Lingkungan

  • KNOWLEDGEABLE AND SKILLED EMPLOYEES :

Sumber Daya Yang Terampil Dan Berpengetahuan Tinggi Adalah Aset Utama

  • EMPOWERMENT :

Setiap Karyawan Kami Adalah Pencipta Nilai Lembaga.

  • INTEGRITY: Integrity Is The Ultimate Key For Our Success;

Integritas Adalah Kunci Utama Keberhasilan Kami

Apa Sikap PesantrenBisnis.com Istana Mulia ?

  1. Kerja Ikhlas, miliki kekuatan spiritual ( SQ )
  2. Kerja Mawas, miliki kekuatan emosional ( EQ )
  3. Kerja Cerdas, miliki kekuatan intelektual ( IQ )
  4. Kerja Keras, miliki kekuatan fisik ( PQ )
  5. Kerja Tuntas, miliki kemampuan manajerial

Kerangka Kerja

  • Membuat Tata Perencanaan(Planning ) tepat sesuai. Membuat Rencana Strategis (RenStra) sebagai penjabaran dari Visi, Misi, target serta sasaran dengan peta proses, time frame (kerangka waktu), dengan penanggung jawab yang jelas.
  • Melaksanakan Tata Organisasi (Organizing) yang tepat sesuai. Dengan Merekrut, Membina, Memetakan, mereposisi dan merekomposisi SDM yang berintegritas, punya kapasitas dan Acceptabilitas
  • Memastikan Tata Pelaksanaan (Acuating) dilakukan dengan SDM (Man), Method (Tata Aturan / Tata Cara), Material (Bahan Baku), Machine (Organisasi dan Jejaringnya), dan Money (Sumber Daya) yang tepat sesuai dengan prinsip pelaksanaan program 4 E : Efesien, Efektif, Elegan dan Etis
  • Memiliki Tata Kendali / Evaluasi yang baik dan benar (Controlling)

Apa Rencana Kerja Istana Mulia :
1) Membuat Rencana Strategis (RenStra)
2) Menyelesaikan dan penyempurnaan Pedoman dan Panduan
3) Membuat Program Unggulan setiap Bidang
4) Melanjutkan program-program Tepat Sesuai
5) Peningkatan Efisiensi biaya
6) Peningkatan Efektifitas Kinerja
7) Mengutamakan Etis dan Etos Kerja
8) Penguatan kompetensi SDM
9) Tersedianya dokumen dan formulir yang dibutuhkan semua pihak terkait

Mengapa Santri Berasrama (Boarding School) ?

  1. Mengasah Pentingnya Membangun Kesadaran diri
  2. Memupuk Kemampuan bereksistensi
  3. Pemilikan kata hati
  4. Etika Mulia
  5. Kemampuan bertanggungjawab
  6. Rasa kebebasan (kemerdekaan)
  7. Kesediaan melaksanakan kewajiban dan menyadari hak
  8. Kemampuan menghayati kebahagiaan
  9. Harmonisasi Kemauan
  10. Kesabaran memikul beban
  11. Ketekunan dan Kegigihan
  12. Semangat dan Rasa Syukur
  13. Persaudaraan dan Kepedulian
  1. Heroik dan Keuletan
  2. Kepemimpinan diri
  3. Pengambilan keputusan
  4. Pembelaan Kepada NKRI
  5. Menebar dan Berpihak kepada yang Benar
  6. Pengendalian Hawa Nafsu
  7. Keseimbangan Ambisi dan Hasrat

Mengapa Bisnis (Entrepreneur Academy) ?

  1. Bisnis dalah Perintah Allah dan Sunnah Rasululloh
  2. Agar selalu tercipta Waktu Untuk Keluarga Lebih Banyak dan Lebih Dinamis (mengatur sendiri)
  3. Agar dapat Membuka Kesempatan Kerja
  4. Agar dapat Memiliki Pendapatan Sendiri
  5. Agar memiliki Relasi atau Teman Bisnis Semakin Luas
  6. Agar memiliki Wawasan atau ilmu Anda Bertambah
  7. Agar Hobi Tersalurkan
  8. Agar hidup semakin Sabar dan Penuh Syukur
  9. Agar dapat berkumpul dengan Rasululloh dan 10 orang Sahabat yang dijamin masuk Surga

Mengapa Memulai dengan Belajar Bisnis online ?

  • Lebih dari 2 miliyar pengguna HP / Anroid, Dan Internet
  • Karena Bisnis Online Itu Mudah untuk siapa saja
  • Belajar Bisnis Online Tidak Perlu Jago Programmer
  • Semua Berpeluang Sukses Bisnis Di Internet
  • Bisnis Online Itu Bebas Macet
  • Bisnis Online Itu Tidak Ada Atasan
  • Bisnis Online Itu Bisa Income Lebih Banyak
  • Bisnis Online Itu Waktu Luang Melimpah
  • Bisa Berbisnis Dari Rumah Atau Kantor

Mengapa diwajibakan memiliki Paspor, Laptop dan HP Android ?

  • Paspor itu identitas nasional untuk digunakan didunia internasional, jika anak anda ingin menjadi orang besar, maka mulailah dengan berfikir besar dan mulailah dengan aksi kecil yaitu memiliki identias yang berlaku internasional, insya Allah sangat berguna, khususnya dalam membangun optimisme dan keprcayaan diri yang maksimal kepada anak. Insya Allah dalam waktu dekat Istana Mulia memiliki program supercamp ke negara lain, yang sampai saat ini sudah bekerjasama dengan com SMP IT Boarding School Istana Mulia adalah Ma’ad Tahfidz Singapura, akan diadakan setiap 10 hari terakhir bulan Romadhan, dengan target mengasah santri dalam Cerdas Spiritual, Intelektual dan Financial.
  • Laptop adalah sarana penting untuk belajar dan bekerja, yang sangat bermanfaat untuk mempercepat target kerja, di Istana Mulia laptop akan digunakan dalam setiap pelajaran, khususnya program Cyber Clab dan mentoring IT
  • HP Android adalah sarana komunikasi yang efektif untuk bisnis online, walaupun memiliki mudzorot yang tidak sedikit jika tidak mampu digunakan dalam kebaikan dan taqwa. Maka Istana Mulia mewajibkan membawa HP Anroid yang sudah memiliki aplikasi program yang penting dan baik, seperti aplikasi Al-Qur’an, hadits arba’in, alma’tsurot, dzikir dan do’a harian, kamus bahasa Arab dan BHS Ingris, program aplikasi percakapan bahasa Arab dan BHS Ingris, program lainnya yang bermanfaat (semua dapat di donwload di google play)

Apa Paradigma Dasar Manajemen Terhadap Kurikulum Unggulan Pendidikan Istana Mulia?

  • Kurikulum Pendidikan yang memakai pendekatan Qur’ani, yang telah paten dan teruji dalam membangun peradaban madani, yang akan membantu perkembangan setiap potensi, inovasi, dan kreatifitas para santri dalam membangun kesuksesan dunia akhiratnya.
  • Kurikulum Pendidikan yang berbasis 4 Sifat atau Karakter Unggulan Rasulullah SAW sebagai landasan dan spirit utama dalam membentuk karakter mulia peserta didik
  • Kurikulum Pendidikan yang memanfaatkan media Informasi Teknologi (IT) terkini sebagai alat bantu dalam mengefektifkan proses belajar mengajar.
  • Kurikulum Pendidikan yang berbasis pada bakat dan minat anak. Istana Mulia meyakini bahwa semua anak adalah bintang, yang memiliki potensi istimewa yang berbeda-beda, maka Pesantren Bisnis adalah pesantren yang bebas, yakni bebas berekspresi, bebas menyalurkan bakat, bebas berinovasi dan berkreasi.
  • Kurikulum Pendidikan mengarah pada metode pembelajaran bertaraf internasional, infrastruktur pendidikan canggih, serta atmosfer belajar nyaman dan Islami ditengah keharmonisan multi budaya siswanya yang datang dari berbagai daerah Indonesia.
  • Kurikulum Pendidikan yang menjadikan Alam Semesta sebagai sarana belajarnya. Kurikulum Pendidikan yang menjalankan dan mengoptimalkan fungsi Alam Semesta sebagai ruang belajar, Alam sebagai media dan bahan ajar dan Alam sebagai objek pembelajaran yang paling unik dan menarik. Belajar dari semua makhluk yang telah Allah ciptakan dengan segala keunikan dan kelebihanya. Anak dibebaskan menjadi diri mereka, dan mengembangkan potensi diri untuk tumbuh menjadi manusia yang berkarakter, berakhlak mulia, berwawasan ilmu pengetahuan dan siap menjadi pemimpin dan pebisnis sesuai hakikat menciptakan manusia untuk menjadi pemimpin di muka bumi (khalifatu fil ardh).
  • Kurikulum Pendidikan yang Berbasis ada Keunikan dan Potensi Siswa. Istana Mulia sangat meyakini dan akan berusaha membuktikan bahwa semua anak adalah BINTANG, yang berhak menjadi juara dan jawara sejati yang sesungguhnya. Semua anak adalah berprestasi, semua anak adalah unggulan, semua anak adalah istimewa, semua anak adalah unik dan menarik, semua anak adalah memiliki saham kebaikan, potensi dan bakat yang sangat luar biasa
  • Kurikulum Pendidikan yang didukung lingkungan yang asri, indah, dan nyaman untuk mengoptimalkan talenta dan keunikan anak sesuai dengan minat dan bakatnya masing masing anak.
  • Kurikulum Pendidikan yang Ruang Kebebasan berimajinasi, berinovasi, bereksplorasi, bereksperimen dan berekspresi tanpa dibatasi sekat-sekat dinding kelas dan dibiarkan akrab dengan alam lingkungan mereka
  • Kurikulum Pendidikan yang Kebebasan dari tekanan ‘mengejar’ nilai dan rangking, tapi mendorong santri untuk menumbuhkan tradisi ilmiah. Prestasi tidak dilihat dalam perbandingan dengan anak lain, tapi dari upaya mereka mengikuti proses belajar dengan baik. Belajar menjadi sesuatu yang menyenangkan. Belajar jadi kebutuhan dan dirindukan. Sekolah tidak dijadikan penjara yang seakan mulia tapi prakteknya sangat membosankan dan dibenci anak.
  • Kurikulum Pendidikan yang dinamis dan produktif, karena manajemen akan terus berinovasi dan berkreasi, khususnya dalam memadukan Kurikulum Unggulan Pendidikan Republik Indonesia, Kurikulum Pesantren Unggulan Nasional, dan Kurikulum Sekolah Unggulan Internasional, yang selanjutnya kita sebut sebagai Kurikulum Pendidikan Istana Mulia (KPIM).

PEDOMAN DASAR KURIKULUM PENDIDIKAN PESANTREN BISNIS.COM ISTANA MULIA

Pedoman Dasar Kurikulum adalah acuan atau landasan yang menjadi rujukan utama dalam penyusunan Kurikulum Pendidikan Istana Mulia (KPIM). Pedoman tersebut bersumber dari 4 (empat) karakter/sifat Rasulullah saw sebagai nilai-nilai tarbawi.

A. Pedoman Dasar dari Sifat Shiddiq

Sifat siddiq mendidik anak untuk selalu bersikap jujur pada setiap perkataan dan perbuatannya. Inilah integritas moral (akhlak), satunya kata dan perbuatan, kejujuran, sikap dan perilaku etis. Karakter jujur ini merupakan nilai-nilai moral yang mencintai dan mengacu kepada kebenaran yang bersumber dari Allah SWT. Perilaku pemimpin dan pebisnis yang “shiddiq” selalu mendasarkan pada kebenaran dari keyakinannya, jujur dan tulus, adil, serta menghormati kebenaran yang diyakini pihak lain yang mungkin berbeda dengan keyakinannya. Inilah makna Shiddiq dalam berpikir, bersikap, dan bertindak.

Sifat-sifat unggulan :

1) Tadayyun/ Religius

Sifat ini membentuk karakter keimanan yang kokoh, agar anak memahami serta mengamalkan nilai-nilai syariah dan sunnah-sunnah nabi dengan tujuan menjadikannya mukmin unggulan yang loyal kepada Islam secara totalitas.

2) Jujur

Penanaman sikap jujur sejak diniagar anak selalu dapat dipercaya oleh orang lain. Berani berkata benar dalam berbagai keadaan. Jujur setiap saat, setiap waktu, setiap kesempatan, kapan dan dimanapun.

3) Cinta

Adalah elemen penting bagi anak agar mengenal Allah dan Rasul-Nya dengan cinta. Dengan cinta anak mencintai dan menghormati kedua orang tuanya, mencintai sesama saudara muslim karena Allah, serta mencintai dan membela tanah airnya.

4) Bersih

Bersih hati, bersih pikiran, bersih badan dan lingkungan adalah cerminan dari sikap Siddiq. Dengan sifat ini anak selalu menjaga kebersihan dalam segala hal.

5) Berani

Berani karena kebenaran adalah langkah awal anak untuk menjadi pemimpin dan pebisnis. Anak memiliki keberanian menghadapi risiko dan tantangan dihadapannya.

6) Empati

Sikap emphati perlu ditanamkan supaya anak selalu responsive atas segala sesuatu. Anak memiliki pengamatan dan kepedulian yang tinggi terhadap keadaan lingkungan sekitarnya.

B. Pedoman Dasar dari Sifat Amanah (Dipercaya)

Sifat Amanah ini adalah buah dari sifat shiddiq yang selalu dipercaya oleh orang lain karena kejujurannya. Dipercaya dan disegani oleh kawan dan lawan. Dalam diri anak harus dihadirkan nilai-nilai bertanggungjawab, komimen dan kosistensi, cakap, dapat dipercaya, dapat diandalkan, jaminan kepastian dan rasa aman, sehingga diharapkan kelak mereka profesional dalam melaksanakan tugas kepemimpin dan kewirausahaannya. Karakter tanggungjawab, terpercaya dan amanah adalah sifat pemimpin dan pebisnis yang senantiasa menjaga kepercayaan (trust) yang diberikan orang lain. Karakter amanah dapat menajamkan kepekaan batin seorang pemimpin dan pebisnis untuk bisa memisahkan antara kepentingan pribadi dan kepentingan umum (publik atau organisasi), serta lebih mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi.

Sifat-sifat unggulan :

1) Leadership (Kepemimpinan)

Dalam diri anak diharapkan terbangun jiwa kepemimpin dan wirausaha. Agar anak kelak mampu menerapkan kepemimpin dan kewirausahaan yang adil dan bijak, karena ini adalah salah satu ciri manusia unggulan.

2) Enterpreneur (kewirausahaan)

Berbisnis ala Rasulullah adalah menjadi entrepreneur yang handal. Maka anak terbentuk sebagai entrepeneur remaja, dengan mengikuti jejak Rasulullah ketika menjadi enterpreneur pada masa remajanya.

3) Manager (Pengelola)

Anak dilatih mampu mengerjakan segala urusan dengan perencanaan secara tepat dan anak dituntut untuk mampu membangun dirinya dapat bertindak secara tepat.

4) Administrator (kemampuan admistrasi)

Menjadikan anak sebagai pengelola administrasi yang cakap dan handal, baik dalam kepemimpinan maupun dalam urusan bisnis, agar anak menjadi orang yang handal dan terpercaya dalam bidang yang digelutinya.

C.  Pedoman Dasar dari SifatFathonah (Cerdas)

Sifat fathonah mendidik anak supaya cerdas dalam berfikir serta beramal dan selalu bijaksana dalam segala tindakannya. Mempunyai kecerdasan, baik intelektual, emosional maupun spiritual, kreativitas, peka dan peduli terhadap kondisi di sekitarnya dan menciptakan peluang untuk kemajuan. Sosok pemimpin dan pebisnis itu harus cerdas, kompeten, dan profesional (fathonah).Pemimpin dan pebisnis yang mengacu sifat fathonah nabi adalah pemimpin dan pebisnis pembelajar, mampu mengambil pelajaran (hikmah) dari pengalaman, percaya diri, cermat, inovatif tetapi tepat azas, tepat sasaran, berkomitmen pada keunggulan, bertindak dengan motivasi tinggi, serta sadar bahwa yang dijalankan adalah untuk mewujudkan suatu cita-cita bersama yang akan dicapai dengan cara-cara yang etis.

Sifat-sifat unggulan:

1) Cerdas

Kecerdasan anak mesti diasah dan dipertajam. Cerdas adalah sifat yang timbul karena perkiraan untuk mengetahui sebab akibat dan efek positif negatif dari suatu hal, sehingga menjadikan anak mempunyai daya tangkap tinggi serta pengetahuan yang luas.

2) Bijaksana

Kebijaksanan ditumbuhkan kedalam diri anak supaya mereka mampu bersikap bijak dalam menentukan segala sesuatu.

3) Visioner

Anak dilatih memiliki kemampuan melihat jauh ke depan. Setiap orang mempunyai tujuan dan target-target yang harus dicapai dalam hidupnya. Agar tercapai tujuan-tujuan tersebut sikap visioner ini membentuk anak konsisten dalam mencapai target.

4) Berfikir jernih

Hati dan akal yang sehat terbangun dari pikiran yang jernih supaya mengeluarkan ide-ide yang cemerlang. Dengan berfikir jernih anak mampu menelorkan gagasan-gagasan brilian yang kelak bermanfaat buat masyarakat, bangsa dan negaranya.

5) Positive Thinking (Pikiran Positif)

Sikap ini agar anak terbiasa dengan pikiran-pikiran positif. Pikiran positif menghadirkan tujuan yang positif, sikap tabayyun, mencari kebenaran serta haus akan pengetahuan dan amal kebaikan.

6) Optimis

Membangun sikap optimis dalam diri anak adalah sesuatu yang harus dilakukan. Sikap optimis diperlukan agar anak yakin dengan tujuannya yang pasti tercapai.

7) CreativeThinking (Berfikir Kreatif)

Memiliki pemikiran yang kreatif membuat ide-ide semakin berkembang dan tidak stagnan. Bahkan tidak sebatas ide-ide kreatif tapi juga karya-karya baru yang inovatif.

8) Creative Activity (Aktifitas Kreatif Bermanfaat)

Sikap ini membentuk anak agar mengisi waktu-waktunya dengan aktifitas-aktifitas yang bermanfaat serta melaksanakan kegiatan yang memiliki nilai guna. Anak mampu mengelola waktunya sebaik mungkin dan seoptimal mungkin, sebagai bagian dari self leadership(kepemimpinan diri).

9) Berjiwa Seni

Seni adalah salah satu sarana untuk menyampaikan dakwah Islam kepada masyarakat. Dengan berjiwa seni, anak-anak bisa bersosialisasi, menyampaikan sebuah pesan serta membuat ketertarikan orang dalam menyimak, melihat dan memperhatikan pesan tersebut.

10) Heroic (Berjiwa Kepahlawanan)

Kemauan yang tinggi, mental yang kokoh dalam membela serta memperjuangkan kebenaran dan semangat yang tinggi untuk kebaikan serta perbaikan menjadikan anak mampu meraih kesuksesan. Sikap ini juga merangsang anak untuk senantiasa membantu atau menolong orang lain.

D. Pedoman Dasar dari SifatTabligh (Menyampaikan)

Sifat tabligh ini mendidik anak supaya selalu beramar ma’ruf nahi munkar dan selalu mengajak kebenaran. Dalam diri anak dibentuk agar memiliki kemampuan komunikasi secara efektif, memiliki visi, inspirasi dan motivasi yang jauh ke depan. Seorang pemimpin dan pebisnis itu memerlukan kemampuan komunikasi dan diplomasi dengan bahasa yang mudah didengar, dipahami, diamalkan, dan diajarkan ke orang lain. Sosok pemimpin dan pebisnis yang berkarakter seperti nabi dan rasul ucapannya didengar orang, bahasanya sangat berbobot, bahasa tubuhnya mengena, penuh visi, menginspirasi dan penuh manfaat bagi orang lain.

Sifat-Sifat Unggulan :

1) Orator

Setiap anak akan dilatih agar mampu menjadi pembicara yang baik serta dapat membakar semangat audience (pendengar). Kemampuan orator adalah bekal utama bagi calon pemimpin dan pebisnis.

2) Narator

Menulis membutuhkan kalimat-kalimat yang baik dan tersusun dengan narasi yang baik. Pembinaan kepada Anak dalam bidang tulis menulis akan terus dikembangkan sehingga mereka bisa mengembangkan karya tulisnya dan kelak menjadi penulis-penulis handal

3) Communicator

Komunikasi adalah modal utama bagi pemimpin dan pebisnis. Baik komunikasi yang sifatnya ke publik maupun komunikasi terkait target tertentu. Anak-anak diberi pelatihan bagaimana komunikasi yang baik supaya bisa berdiplomasi dengan tepat sehingga kommunikasi antara relasi bisa berjalan dengan baik.

4) Negotiator

Kepada anak juga diajarkan cara bernegosiasi yang baik, serta bagaimana memutuskan suatu persetujuan demi terlaksananya visi dan misi dari tujuan tersebut.

5) Motivator

Kemampuan bagaimana menasehati orang lain, bagaimana menyentuh hati orang lain, bagaimana merubah orang lain, tata cara memotivasi, mengatur bahasa tubuh, eye contact dikembangkan dan diajarkan untuk mendidik dan melatih anak supaya menjadi motivator yang handal.

6) Mediator

Menjadi penengah atau juru damai antara pihak-pihak yang berselisih sehingga terjadi kesepakatan yang saling menguntungkan.

KURIKULUM PENDIDIKAN ISTANA MULIA (KPIM)

Kurikulum Pendidikan Istana Mulia (KPIM) adalah kurikulum khas PesantrenBisnis.com Istana Mulia. Panduan kurikulum ini merupakan penjabaran dari Pedoman Dasar Kurikulum. Pelaksanaannya dituangkan dalam bentuk 10 (sepuluh) Buku Panduan, yang kerangkanya mencakup: (1) pembukan, (2) latar belakang, (3) maksud dan tujuan, (4) azas dan landasan, (5) pendekatan, (6) defenisi, (7)ruang lingkup, (8) Pelaksana, (9) sarana dan prasarana, (10) program, (11) anggaran, dan (12) Penutup.

Kesepuluh Buku Panduan tersebut adalah:

Panduan Kepemimpinan

Panduan Kepemimpinan akan mengantarkan anak pada pengetahuan dan pemahaman tentang apa dan bagaimana kepemimpinan, kemudian membimbing anak mempraktikkan nilai-nilai kepemimpinan.   Panduan ini tidak saja menyadarkan dan membangkitkan anak akan potensi kepemimpinan dalam dirinya, tapi juga memperkuat keyakinan anak bahwa dirinyaadalah calon pemimpin masa depan. Dengan demikian anak tergerak, bersemangat, dan serius mempersiapkan dan membekali dirinya menjadi pemimpin.

Panduan Bisnis

Panduan Bisnis akan mengantarkan anak pada pengetahuan dan pemahaman tentang apa, bagaimana, dimana dan kapan berbisnis, khususnya bisnis online. Panduan ini tidak saja menjadikan anak suka dan senang dengan dunia bisnis (offline dan online), tapi juga memantapkan keyakinan dan keberanian anak untuk memulai bisnis sejak dini dan selalu siap dengan tantangan dan risiko yang akan dihadapinya. Dengan demikian anak tergerak, bersemangat, dan serius mempersiapkan dan membekali dirinya menjadi pebisnis sukses.

Panduan Tajwid, Tahsin dan Tahfidz (T3)

Panduan T3 akan mengarahkan anak untuk senang, dekat dan mencintai Al-Qur’an. Panduan ini akan menuntun dan merangsang anak bersemangat untuk memulai dan menambah hafalan Al-Qur’an.

Panduan Informasi Teknologi (IT)

Panduan IT akan mengantarkan anak pada pengetahuan dan pemahaman tentang apa, bagaimana, kapan, urgensi, dan pemanfaatan informasi teknologi secara tepat guna. Panduan ini membuat anak terbiasa dan mahir dalam penggunaan alat informasi teknologi terkini.

Panduan Tarbawi

Panduan Tarbawi mengantarkan anak memiliki Syakhsiyyah Islamiyah (kepribadian Islami) dengan target: salimul aqidah (aqidah yang lurus), shohihul ibadah (ibadahnya benar), matiinul khuluq (akhlak yang kokoh), qaadirun ‘alal kasbi (sukses menjadi pengusaha), mutsaqaful fikr (wawasan yang luas), haritsun ‘ala waqtih (pandai mengelola waktu), munazhomun fii syu’unih (teratur dalam setiap urusan), qawiyyul jism (fisik yang kuat), dan naafiun lighairihi (bermanfaat buat orang lain).

Panduan Talenta

Panduan Talenta akan membantu anak mengenali potensi minat dan bakatnya. Panduan ini membimbing anak dapat mengasah dan mengembangkan minat dan bakatnya, sehingga anak memiliki spesialisasi di bidangnya.

Panduan Ujian Nasional (UN Dikbud)

Panduan UN Dikbud akan mengantarkan anak menumbuhkan dan meningkatkan rasa senang dan sikap percaya diri dalam menghadapi ujian nasional. Panduan ini mengkondisikan anak nyaman dan terbiasa menghadapi soal-soal ujian nasional, sehingga anak mampu mencapai nilai UN terbaik.

Panduan Pembentukan Karakter

Panduan Pembentukan Karakter akan mengantarkan anak memahami, mencintai, dan mengamalkan adab-adab dan akhlak Islam, serta anak tergerak mengajarkannya ke orang lain.

Panduan Berbahasa Arab

Panduan Berbahasa Arab akan mengantarkan anak menyenangi, memahami dan mempraktikkan komunikasi Bahasa Arab dalam kesehariannya dengan baik dan benar.

Panduan Berbahasa Inggris

Panduan Berbahasa Inggris akan mengantarkan anak menyenangi, memahami dan mempraktikkan komunikasi Bahasa Inggris dalam kesehariannya dengan baik dan benar.

Apa Metode Pendidikan Di Istana Mulia ?

Istana Mulia menerapkan metode pendidikan Qur’ani. Metode pendidikan Qur’ani adalah cara-cara atau pendekatan dalam proses pendidikan dengan mengambil langsung dari keaslian nilai-nilai al-Qur’an. Metode inilah yang dulu dipakai oleh Rasulullah saw dalam mengajarkan, mendidik, membina, dan membimbing ummatnya. Satu keyakinan kami adalah bahwa umat ini tidak akan menjadi baik kalau tidak didik sebagaimana dulu Rasulullah mendidik umat.

Metode pendidikan Qur’ani secara gamblang dijelaskan oleh Dr. Abdullah Nashih Ulwan dalam bukunya Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam. Ada 5 (lima) pendekatan yaitu:

  1. Pendidikan Keteladanan
  2. Pendidikan Adat Kebiasaan
  3. Bimbingan dan Nasehat
  4. Tafakur dan Ibroh atas peristiwa / kejadian
  5. Pendidikan dengan Memberikan Perhatian
  6. Pendidikan dengan Memberikan Hukuman
  7. Memberikan Kisah dan cerita
  8. Motivasi dan berfikir positif
  9. Pemanfaatan waktu kosong / keterampilan

Pendidikan Dengan Keteladan

Firman Allah swt:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik”. (QS. 33:21)

Istana Mulia meyakini bahwa memberikan sikap keteladan dalam pendidikan adalah metode yang paling meyakinkan keberhasilannya dalam mempersiapkan dan membentuk anak didik di dalam moral, spiritual dan sosial. Ini sangat jelas, karena pendidik adalah contoh terbaik dalam pandangan anak, yang akan ditirunya dalam tindak tanduknya, dan tata santunnya, disadari ataupun tidak, bahkan tercetak dalam dalam jiwa dan perasaan anak suatu gambaran pendidik tersebut, baik dalam ucapan atau perbuatan, baik material atau spiritual, diketahui atau tidak diketahui.

Oleh karena itu, Istana Mulia menekankan kepada seluruh guru, karyawan, dan manajemen untuk memperhatikan masalah ketauladan ini. Kami menyadari betul bahwa hal ini menjadi faktor penting dan utama dalam hal baik-buruknya anak. Jika guru, karyawan, dan manajemen Istana Mulia bersikap jujur, dapat dipercaya, berakhlak mulia, berani dan menjauhkan diri dari perbuatan-perbuatan yang bertentangan dengan agama, maka anak-anak Istana Mulia juga akan tumbuh dengan kejujuran, terbentuk dengan akhlak mulia, keberanian dan dalam sikap yang menjauhkan diri dari perbuatan-perbuatan yang bertentangan dengan syariat. Dan jika ada saja satu guru, karyawan, atau manajemen Istana Mulia berbohong, berkhianat, durhaka, kikir, penakut dan hina, maka anak-anak Istana Mulia juga akan tumbuh dalam kebohongan, khianat, durhaka, kikir, penakut dan hina.

Bagaimanapun besarnya usaha yang dipersiapkan untuk kebaikan, bagaimanapun suci beningnya fitrah anak-anak Istana Mulia, si anak tidak akan mampu memenuhi prinsip-prinsip kebaikan dan pokok-pokok pendidikan utama yang diajarkan, selama ia tidak melihat orang-orang di lingkungan Istana Mulia sebagai teladan nilai-nilai moral yang tinggi. Bagi pendidik sangat mudah untuk mempelajari anak dengan berbagai metode pendidikan, tetapi teramat sukar bagi anak untuk melaksanakan berbagai metode tersebut. Sudah pasti akan menimbulkan masalah serius ketika ia melihat orang-orang yang membimbing pendidikannya, yang memberikan arah justru tidak mengamalkan metode-metode tersebut, tidak menerapkan pokok-pokok dan prinsip-prinsip tersebut.

Pendidikan Dengan Pembiasaan

Firman Allah swt:

فَأَقِمْ وَجْهَكَ لِلدِّينِ حَنِيفًا فِطْرَةَ اللَّهِ الَّتِي فَطَرَ النَّاسَ عَلَيْهَا لا تَبْدِيلَ لِخَلْقِ اللَّهِ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لا يَعْلَمُونَ

Fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”. (QS. 30:30)

Istana Mulia meyakini, adalah sudah menjadi ketetapan dalam syari’at Islam, bahwa anak-anak Istana Mulia terlahir dengan fitrah tauhid yang murni, agama yang lurus, dan iman kepada Allah. Yang dimaksud dengan fitrah Allah adalah, bahwa manusia diciptakan Allah mempunyai naluri beragama, yaitu agama tauhid. Jika ada manusia tidak memiliki agama tauhid, maka hal itu tidaklah wajar. Mereka tidak beragama tauhid itu lantaran pengaruh lingkungan, pengaruh orang tua dan orang-orang di sekitarnya. Dari sini peranan pembiasaan, pengajaran dan pendidikan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak akan menemukan tauhid yang murni, keutamaan-keutamaan seperti budi pekerti, spiritual, dan etika agama yang lurus.

Di Istana Mulia, jika dengan mudah si anak berhadapan dengan dua faktor, yaitu faktor pendidikan Islam yang utama dan faktor pendidikan lingkungan yang baik, maka sesungguhnya anak-anak Istana Mulia akan tumbuh dalam iman yang hak, akan berhiaskan diri dengan etika Islam, dan sampai pada puncak keutamaan spiritual dan kemuliaan personal. Karenya, kami berusaha semaksimal mungkin membentuk miniatur masyarakat Islam di lingkungan Istana Mulia, dimana seluruh komponen membiasakan diri menerapkan nilai-nilai Islami. Sejak awal kami melakukan seleksi ketat terhadap guru dan karyawan terkait dengan: penjagaan sholat lima waktunya, kedekatannya dengan Al-Qur’an, merokok atau tidak, dan lain sebagainya. Kami ingin pastikan anak-anak Istana Mulia mudah, mencintai dan terbiasa dalam mengamalkan syariat Islam.

Pendidikan Dengan Nasehat

Firman Allah swt:

وَإِلَى عَادٍ أَخَاهُمْ هُودًا قَالَ يَا قَوْمِ اعْبُدُوا اللَّهَ مَا لَكُمْ مِنْ إِلَهٍ غَيْرُهُ أَفَلا تَتَّقُونَ

قَالَ الْمَلأ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ قَوْمِهِ إِنَّا لَنَرَاكَ فِي سَفَاهَةٍ وَإِنَّا لَنَظُنُّكَ مِنَ الْكَاذِبِينَ

قَالَ يَا قَوْمِ لَيْسَ بِي سَفَاهَةٌ وَلَكِنِّي رَسُولٌ مِنْ رَبِّ الْعَالَمِينَ

أُبَلِّغُكُمْ رِسَالاتِ رَبِّي وَأَنَا لَكُمْ نَاصِحٌ أَمِينٌ

Dan (Kami telah mengutus) kepada kaum ‘Aad saudara mereka (Hud). Ia berkata: Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada Tuhan bagimu selain dari-Nya. Maka mengapa kamu tidak bertakwa kepada-Nya? Pemuka-pemuka yang kafir dari kaumnya berkata, “Sesungguhnya kami benar-benar memandang kamu dalam keadaan kurang akal dan sesungguhnya kami menganggap kamu termasuk orang-orang yang berdusta. Hud berkata, Hai kaumku tidak ada padaku kekurangan akal sedikitpun, tetapi aku ini utusan dari Tuhan semesta alam. Aku menyampaikan amanat-amanat Tuhanku kepadamu dan aku hanyalah pemberi nasihat yang terpercaya bagimu”. (QS. 7: 65-68)

Metode lain, yang kami yakini, dalam pendidikan, pembentukan keimanan, mempersiapkan moral, spiritual dan sosial anak-anak Istana Mulia, adalah pendidikan dengan pemberian nasihat. Sebab, nasihat ini dapat membukakan mata anak-anak pada hakekat sesuatu, dan mendorongnya menuju situasi luhur, dan menghiasinya dengan akhlak yang mulia, dan membekalinya dengan prinsip-prinsip Islam. Setelah membaca dan menela’ah, Al-Qur’an memakai metode ini, yang berbicara kepada jiwa, dan mengulang-ulangnya dalam beberapa ayat dan tempat, ayat diatas adalah salah satu contohnya.

Metode Al-Qur’an dalam menyerukan dakwaan adalah bermacam-macam. Semua itu dimaksudkan sebagai upaya mengingat Allah, menyampaikan nasihat dan bimbingan, yang semuanya berlangsung atas ucapan para Nabi. Kemudian, dituturkan kembali oleh para da’i, dari kelompok dan pengikutnya. Istana Mulia menanamkan kepada para guru, karyawan dan manajemen, bahwa nasihat yang tulus, berbekas dan berpengaruh kepada anak, apalagi anak-anak yang memiliki jiwa yang bening, hati terbuka, akal yang bijak dan berpikir, maka nasihat tersebut akan mendapat tanggapan secepatnya dan meninggalkan bekas yang mendalam bagi anak. Pendidikan dengan nasehat akan diutamakan di Istana Mulia, dan kami menghindari pendidikan dengan cara kekerasan, apalagi menyakiti fisik dan hati anak, yang dapat menimbulkan anak berperilaku putus asa dan balas dendam.

 

Pendidikan Dengan Memberikan Perhatian (reward)

Istana Mulia juga menerapkan pendidikan dengan memberikan perhatian, yaitu dengan cara mencurahkan, memperhatikan dan senantiasa mengikuti perkembangan anak dalam pembinaan akidah dan moral, persiapan spiritual dan sosial, disamping selalu bertanya tentang situasi pendidikan jasmani dan daya hasil ilmiahnya. Kami membekali wali kelas dan wali asrama dengan satu form mutaba’ah dimana guru dan musyrif memiliki data perkembangan anak-anak Istana Mulia dari sisi akhlak (tindakan dan ucapan), kemampuan akademiknya, potensi minat dan bakatnya, dan lain sebagainya. Perhatian kami juga tidak luput terhadap anak-anak yang memiliki prestasi atau perubahan perkembangan ke arah yang lebih baik dengan pemberian hadiah (reward).

Kami meyakini,   metode pendidikan ini sebagai asas terkuat dalam pembentukan manusia secara utuh, yang menunaikan hak setiap orang yang memiliki hak dalam kehidupan, termasuk mendorongnya untuk menunaikan tanggung jawab dan kewajibannya secara sempurna. Melalui upaya tersebut akan tercipta muslim hakiki, sebagai batu pertama untuk membangun pondasi Islam yang kokoh, dan akhirnya akan terwujudlah kemuliaan Islam di lingkungan Istana Mulia.

Istana Mulia, dengan berprinsip pada metode pendidikan ini, memerintahkan kepada para guru, karyawan, dan manajemen bahwa keberadaannya di lingkungan Istana Mulia bukan sekedar melepas kewajiban bekerja, tapi juga penting di sela-sela tugasnya untuk memperhatikan dan senantiasa mengikuti serta mengontrol anak-anak, dalam kehidupan keseharian.

Satu contoh nash tentang keharusan memperhatikan dan mengontrol itu. Firman Allah swt:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلائِكَةٌ غِلاظٌ شِدَادٌ لا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan”. (QS. 66:6)

Bagaimana pendidik memelihara keluarga dan anak-anak dari api neraka jika ia tidak memerintah dan melarang mereka, tidak memperhatikan dan mengontrol mereka? Sayyidina Ali ra, menafsirkan quu anfusakum, dengan “didiklah dan ajarilah mereka”. Sayyidina Umar ra, menafsirkan: “melarang mereka dari apa yang dilarang Allah, dan memerintahkan kepada mereka apa yang diperintahkan oleh Allah. Dengan demikian terciptalah pemeliharaan mereka dari api neraka”.

Pendidikan Dengan Memberikan Hukuman (punishment)

Istana Mulia meyakini satu prinsip, bahwa manusia tak bisa hidup tanpa hukum. Prinsip inilah yang coba akan diterapkan di lingkungan Istana Mulia, tentu disesuaikan dengan kadar akal anak-anak seusia remaja. Sebagus apapun peraturan tata tertib Istana Mulia dibuat, diterapkan, dan ditegakkan, ini berdasarkan pengalaman (bukan justifikasi) akan sangat mungkin ada satu atau beberapa anak yang melanggar aturan-aturan tersebut. Sebab, kami memahami posisi dan kondisi psikologi anak, dimana yang namanya remaja adalah pribadi penuh kreatifitas, keinginantahunya tinggi, perasaannya penuh gejolak, emosi yang labil, dan lain sebagainya.

Istana Mulia menyiapkan satu mekanisme sendiri tentang hukuman, yang kami buat mirip-mirip dengan tata cara atau aturan bernegara. Seperti ada Menteria Kehakiman, Jaksa Agung, atau Polisi Istana Mulia. Cara tersebut memiliki dua makna: (1) penerapan metode pendidikan dengan memberikan hukuman, (2) melatih anak terbiasa dengan istilah-istilah dalam kepemimpinan negarawan.

Islam telah mengajarkan kita, bahwa pada dasarnya, hukum-hukum syariat Islam yang lurus dan adil, prinsip-prinsipnya yang universal, berkisar di sekitar penjagaan hak-hak asasi yang tidak bisa dilepas oleh umat manusia, sehingga manusia tak bisa hidup tanpa hukum. Para imam mujtahid dan ulama ushul fiqh membatasi hukum pada lima perkara. Mereka menamakannya sebagai “al-kulliyatu’l-khamsu” (lima keharusan). Yakni, “Menjaga agama, menjaga jiwa, menjaga kehormatan, menjaga akal, dan menjaga harta benda”. Dan mereka berkata, “Sesungguhnya semua ada dalam peraturan Islam, hukum-hukum, prinsip-prinsip dan tasyri’, semuanya bertujuan untuk menjaga dan memelihara keseluruhan ini”.

Untuk memelihara masalah tersebut, syari’ah telah meletakkan berbagai hukuman yang mencegah, bahkan bagi setiap pelanggar dan perusak kehormatannya akan merasakan kepedihan. Satu contoh nash yang menggambarkan metode pendidikan dengan hukuman adalah, firman Allah swt:

الزَّانِيَةُ وَالزَّانِي فَاجْلِدُوا كُلَّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا مِائَةَ جَلْدَةٍ وَلا تَأْخُذْكُمْ بِهِمَا رَأْفَةٌ فِي دِينِ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَلْيَشْهَدْ عَذَابَهُمَا طَائِفَةٌ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ

Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap orang dari keduanya seratus kali dera”. (QS. 24:2)

PROGRAM UNGGULAN HARIAN

  • Shalat Lima Waktu Berjama’ah
  • Pengucapan Ikrar ( Janji Siswa )
  • Mentoring T 3 ( Tajwid, Tahsin dan Tahfidz )
  • Classical Indoor and outdoor ( Kurikulum Dik.Bud)
  • Shalat Dhuha, Piket Kebersihan
  • Istana News, Kultum, Muroja’ah Jama’i
  • Pembacaan Hadits Harian
  • Memimpin Do’a, Dzikir Al-Ma’tsurot
  • Mutaba’ah Reward and Punishment
  • Adzan
  • Program Ta’akhi (Ukhuwah wa Mahabah)
  • Motivation Training, Kajian Tauhid, Kajian Dhuha
  • Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT)
  • Kajian Kitab Al-Kaba’ir (dosa dosa besar)
  • Olahraga, Jelajah Hutan, Go Greeen / Menanam, Ooutbond, BEST Election
  • Asma’ul Husna, Sedekah Pungut Sampah,
  • Membiasakan Dzikir dan Do’a

PROGRAM UNGGULAN PEKANAN

  1. Mentoring Kepemimpinan
  2. Mentoring Bisnis
  3. Mentoring Tarbawi
  4. Mentoring IT, IM Talent Show
  5. Outbound ( Program Wajib )
  6. Pramuka ( Program Wajib )
  7. Martial Art ( Program Wajib )
  8. Seni dan Budaya ( Program Wajib )
  9. Seni Musik ( Program Pilihan )
  10. Science Club ( Program Pilihan )
  11. Cyber Club ( Program Pilihan )
  12. Seni Baca Al-Qur’an ( Program Pilihan )
  13. Berenang ( Program Wajib )
  14. Memanah/Menembak ( Program Wajib )
  15. Berkuda ( Program Wajib )
  16. I’tikaf, Riyadhoh Jama’i
  17. Istana 21 ( Bioskop Pendidikan )
  18. Puasa Senin Kamis, Go green, Fishing
  19. Motivation Training, Wisata Pantai

PROGRAM UNGGULAN BULANAN

  1. Health Care
  2. Social Emphatic
  3. Survival Adventure
  4. Fun Cooking
  5. Market Day

PROGRAM UNGGULAN TAHUNAN

  1. Best Election
  2. Family Gathering
  3. Business Seminar
  4. Training To Be Entrepreneur
  5. Proposal Business Presentation
  6. Toko Online Presentation
  7. Journalistic Training
  8. Study Wisata
  9. Pesantren Kilat
  10. Islamic Trade Fair
  • Penyambutan Santri Baru
  • Wisuda
  • Bazar Murah
  • BAKSOS
  • IM Talent Show

PROGRAM UNGGULAN 3 TAHUN

  1. Proposal Business Presentation
  2. English Super Camp
  3. Leadership Super Camp
  4. Al-Qur’an Super Camp
  5. Bisnis Super Camp

 

Bagaimana Tahapan Proses Pendidikan di pesantrenBisnis.com?

Dalam proses pendidikan di Istana Mulia dibagi menjadi 4 tahap yaitu :

  1. Tahap 1 Ma’rifatul Maidan (tahun pertama, tahap pengenalan, yang meliputi fokus pendidikan dengan alokasi 70% edutainment dan 30% Akademik).
  2. Tahap 2 Mua’yasyah (tahun ke dua adalah masa penyesuaian,khusunya dalam menyiapkan mental, spiritual terhadap lingkungan baru, program yang padat, teman baru, guru, dll, 50% edutainment dan 50% Akademik),
  3. Tahap 3 Ta’sis (tahun ke 3 pertama adalah masa fondasi dalam kemantapan niat, keteguhan iman, kesabaran dalam proses, ketegaran dalam ujian, kesiapan dalam menghadapi tantangan, 30% edutainment dan 70% Akademik )
  4. Tahap 4 Tathwir ( fase pengembangan, masa bakti, masa kinerja dengan karya nyata, 90% praktek dan 10% teori)

Prestasi PesantrenBisnis.com Istana Mulia

Prestasi kontingen santri Pesantren Bisnis – Pesantren Wirausaha (Entrepreneurs Academy) SMP Informasi Teknologi Istana Mulia, Sekolah bisnis dan Sekolah Kepemimpinan Berbasis Al-Quran dan Informasi teknologi di kejuaraan dan perlombaan di  daerah Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Sukabumi, Bandung, Tasikmalaya, Cilegon, Serang.. baik tingkat lokal atau tingkat nasional

Juara 1 Pidato tingkat Nasional katagori SMP – MTS di Pesantren Unggulan Nurul Fikri Boarding school Lembang Bandung.

Juara 2 renang gaya bebas katagori SMP – MTS

Juara 2 saint katagori SMP – MTS

Juara 1 pidato tingkat Kabupaten Serang katagori SMP – MTS

Juara 1 pidato tingkat Provinsi Banten katagori SMP – MTS

Juara 2 Creative desain

Juara 1 Tahfidz tingkat Kabupaten Serang di PonPes Pajrul Karim

Juara 2 Tahfidz tingkat kabupaten serang

No. Mata Pelajaran KKM Nilai
Angka Huruf Deskripsi Kemampuan Belajar
A. Mental & Spritual
1.   Adab & Akhlak
2.   Ilmu Tauhid (Ahlu Sunnah Wal Jama’ah)
3.   Tahfidz Al Quran
4.   Tahsin & Tajwid
5.   Hadits Arba’in (40 hadits pilihan)
6.   Fiqh Ibadah (Ahlu Sunnah Wal Jama’ah)
7.   Fiqh Siroh Rasulullah
8.   Fiqih Siroh Sahabat (10 yang dijamin masuk surga)
B. Bisnis (Entrepreneurship)
9.      Fiqih Bisnis Offline
10.   Fiqih Bisnis Online
C. Kepemimpinan (Leadership)
11. Fiqih Kebangsaan dan Bela Negara
12. Fiqih Demokrasi & Kepemimpinan
D. Kurikulum Nasional
13. Pendidikan Agama Islam
14. Pendidikan Kewarga Negaraan
15. Bahasa Indonesia
16. Bahasa Inggris
17. Matematika
18. Ilmu Pengetahuan Alam
19. Ilmu Pengetahuan Sosial
E. Teknologi Informasi & Komunikasi
20. Microsoft Office
21. Multimedia
Nilai Rata-Rata
Pengembangan Talenta (Life Skill)
No. Jenis Pengembangan Diri Nilai Keterangan
F Seni dan Budaya **
22.  Marawis
23.  Nasyid
24.  Seni Baca Al-Qur’an
25.  Kaligrafi
26.  Komik / Karikatur
27.  Melukis / Graviti
G Pendidikan Jasmani, Olahraga,

dan Kesehatan **

28.  Memanah
29.  Berenang
30.  Berkuda
31.  Beladiri Taekwondo
32.  Beladiri Tapaksuci
33.  Futsall / Sepak Bola
34.  Basket
35.  Badminton
36.  Volley Ball
H Program Khusus **
37.  Pramuka (pilihan wajib)
38.  Kelompok Penghafal Al-Qur’an Khusus (KOPASUS)
39.  Mentoring Tarbawi
40.  Go Green
41.  Outbond
42.  Supercamp   (Al-Qur’an, Saint, Bahasa, Bisnis)
43.  Jurnalistik
44.  Cyber
45.  Arabic Conversation
46.  English Conversation
47.  Public Speaking
48.  Web Desaint
49.  Sosmed Promotion
50.  Company Branded
51.  Elektro
52.  Robotik
53.  Fotografi
54.  Vidio Maker
55.  SEO Google Marketing
56.  Blogger
57.  Fun Cooking
58.  Market Day
59.  Health Care

Pengembangan Karakter

Sifat Utama Kriteria Karakter Penilaian Uraian/Keterangan
Shiddiq 1. Tadayyun/Religious
2. Jujur
3. Cinta
4. Bersih
5. Berani
6. Emphatic ( peduli )
Amanah 1. Leader
2. Entrepreneur
3. Manager
4. Administrator
Tabligh 1. Orator
2. Narator
3. Communicator
4. Negotiator
5. Motivator
6. Mediator
Fathanah 1. Cerdas
2. Bijaksana
3. Visioner
4. Berfikir Jernih
5. Positive Thinking
6. Optimist
7. Creative Thinking
8. Creative Activity
9. Berjiwa Seni
10. Heroik